DAK? arti, proses, dan kegunaan semua lengkap disini

Image result for dak dana alokasi khusus adalahHello readers, lama juga sejak terakhir admin posting di blog. maklum, anak sibuk. hahaha. Jadi, kali ini admin akan membahas tentang DAK. Kepo kan? jelas kepo. so, check it dot

Apa sih Dana Alokasi Khusus Pendidikan? kayak pernah denger ding

Dana Alokasi Khusus, adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.4 Sedangkan Dana Alokasi Khusus Pendidikan  memiliki arti dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan dasar yang menjadi prioritas nasional. Jadi simpelnya, bagi para pelajar akan mendapat dana bantuan dari Pemerintah.

Sebagai contoh di Bojonegoro, jumlah uang yang diterima tiap anak tidaklah sama. ada beberapa kategori sebagai berikut :

1. Rp2.100.000 untuk siswa kelas X dan XI yang orangtuanya masuk dalam kategori keluarga kurang mampu
2. Rp2.000.000 untuk siswa kelas X dan XI yang orangtuanya masuk dalam kategori keluarga mampu
3. Rp1.000.000 untuk siswa kelas X dan XI yang orangtuanya PNS bergolongan 1 dan 2
4. Rp500.000 untuk siswa kelas X dan XI yang orangtuanya bekerja dalam golongan 3 dan 4
5. Rp1.000.000 untuk siswa kelas XII yang orangtuanya masuk kategori keluarga mampu

Mungkin kalian juga jadi bertanya tentang proses pencarian DAK. Sebagai contoh, di Kabupaten Bojonegoro, Pencairan DAK dilakukan dengan cara :

1. Diedarkan surat pemberitahuan pencarian DAK beserta persyaratan yang harus dibawa

2.  Proses  pengumpulan blanko pengambilan DAK beserta surat keterangan sekolah di kantor kelurahan atau balai desa setempat

3. Pengambilan slip pencairan DAK

4. Pencairan dana yang bisa dilakukan di kelurahan/balai desa ataupun langsung di BPR dengan surat rekomendasi dari sekolah

Setelah tau tentang DAK dan proses pencairannya, kita patut tahu dong tentang kegunaan ideal bantuan DAK. Bantuan yang diperoleh hendaknya digunakan untuk keperluan sekolah seperti membeli tas,sepatu,alat tulis,seragam, ataupun membayar uang sekolah. jika hal ini diterapkan, tentu akan sesuai dengan target dari pemerintah.

Walaupun begitu, dalam keadaan riil dalam kehidupan, memang hampir sebagian besar orang menggunakan dana yang diterima untuk membeli keperluan sekolah dan biaya yang harus dibayarkan ke sekolah. Namun, terkadang ada sedikit orang yang justru menggunakan dana tersebut untuk membeli barang barang yang sekedar menyenangkan sejenak saja.

Oleh karena itu, ayo kita sebagai warga yang baik. Kita gunakan dana yang kita dapatkan sesuai dengan tujuan awal agar kita semua bisa mendapatkan pendidikan dengan sebaiknya. Mungkin kalau kita semua menggunakan dana sesuai dengan kegunaan awal, siapa tahu nih pemerintah bakal naikin jumlah uangnya. :D hahahaha.

Komentar