Jananan Khas Indonesia GO INTERNASIONAL

9 Makanan Khas Indonesia Yang Go Internasional

makanan-khas-indonesia.jpg
Makanan Khas Indonesia
Like
9
Negara Indonesia selain dikenal dengan tempat – tempat wisata dengan destinasi yang sangat luar biasa indahnya ternyata juga sangat terkenal dengan makanan khas Indonesia yang bisa membuat para lidah turis mancanegara merasa sangat ketagihan.
Hal itu ditandai dengan selain banyaknya turis mancanegara yang datang ke Indonesia untuk mengunjungi daerah-daerah wisatanya, juga banyaknya kuliner-kuliner khas yang disuguhkan disana. Bahkan sebenarnya tidak sampai disitu juga, dikarenakan banyak sekali lidah turis mancanegara yang sangat pas dengan cita rasa masakah Indonesia maka ada beberapa makanan khas yang bisa go internasional.
Bukan hanya artis saja yang ternyata bisa go internasional tetapi makanan juga bisa go internasional, bahkan sebenarnya sudah sangat lama makanan – makanan ini menjadi favorit bagi para penduduk di negara tersebut. Banyak yang mengakui kalau cita rasa yang khas dari kuliner Indonesia bisa membuat lidah bergoyang, hal tersebut didukung juga dengan cita rasa rempah – rempahnya yang hanya bisa dijumpai di Indonesia saja.
Memang sejarah sudah berbicara kalau dari dulu Indonesia dikenal dengan negara penghasil rempah – rempah terbesar di dunia dan juga negara yang sangat kaya dengan jenis rempah-rempahnya. Ternyata kombinasi dari rempah-rempah tersebut bisa menghasilkan resep istimewa untuk beberapa makanan khas Indonesia yang bisa sampai go internasional.
Sebenarnya banyak sekali kuliner makanan khas nusantara yang bisa mendunia, tetapi disini hanya akan dibahas 9 kuliner khas yang sudah mendunia. Hal ini bisa menjadi informasi yang sangat penting bagi Anda ketika suatu saat sedang berkunjung di luar negeri dan merasa tidak cocok dengan makanan setempat, maka Anda bisa berburu makan – makanan ini di tempat tersebut. Makanan – makanan asli Indonesia ini ternyata bisa menarik perhatian orang luar negeri untuk mencoba mencicipi kuliner khas tersebut. Berikut ini merupakan 8 kuliner khas yang bisa Anda temui di luar negeri.

1. Sate

Sate
Sate
Sate merupakan salah satu kuliner Indonesia yang sangat disukai baik diluar maupun di dalam negeri. Cita rasa yang khas dengan rempah-rempah Indonesia dipadu dengan bakaran daging yang empuk membuat sate sangatlah enak untuk dinikmati. Selain sangat popular di Indonesia ternyata sate ini merupakan kuliner asal Indonesia yang paling disukai di mancanegara.

2. Rawon

Rawon
Rawon
Rawon merupakan kuliner asal ini Asal Indonesia yang juga sangat digemari di luar negeri. Makanan khas wilayah Jawa Timur ini bahan dasarnya terbuat dari daging sapi dan juga kluwek. Kluwek merupakan suatu bumbu rahasia dari rawon, kluwek ini lah yang menyebabkan warno kuwar rawon menjadi hitam pekat, dan inilah salah satu ciri khas dari rawon tersebut. Rawon ini sangat pas jika dikonsumsi dengan nasi yang masih hangat.
Baca juga : Resep Rawon Istimewa

3. Pempek

Pempek
Pempek
Makanan khas selanjutnya yang bisa menjajah kuliner dunia adalah pempek. Makanan yang berasal dari Palembang ini memiliki cita rasa yang sungguh lezat. Pempek dibuat dari ikan yang dihancurkan dengan tepung. Pempek ini cara makannya dipadukan dengan kuah yang berbentuk encer yang terbuat dari saus dan juga cuka. Dan perlu Anda ketahui sausnya pun bukanlah saus biasa yang sering dijajarkan di took-toko sekitar Anda itu, tetapi memakai saus khas dari Palembang.

4. Soto

Soto
Soto
Makanan jenis ini sangatlah cocok disajikan sebagai santap siang Anda, dan ternyata soto selain sangat terkenal di Indonesia juga sudah mendunia. Soto ini berupa kuah kental yang bersantan dan dicampur dengan swiran daging didalamnya. Daging yang dibuat untuk soto ini biasanya daging ayam, kambing atau sapi. Sangatlah enak jika soto ini dimakan dengan krupuk.

5. Rendang

Rendang
Rendang
Rendang sendiri sebenarnya merupakan makanan khas dari Sumatera Barat. Masakan ini berbahan dasar daging sapi dengan campuran santan yang direbus dengan bumbu serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe, dan cabai. Bagi pecinta pedas makanan ini sangatlah cocok untuk Anda coba.

6. Nasi Goreng

Nasi Goreng
Nasi Goreng
Tau gak ternyata nasi goreng ini merupakan makanan favorit dari presiden Amerika Barrack Obama loh. Dengan rasanya yang khas dengan aroma rempah-rempahnya nasi goreng menjadi salah satu makanan yang difavoritkan di dunia.

7. Bakso

Bakso
Bakso
Ternyata bakso juga salah satu makanan asal Indonesia yang yang sangat digemari di luar negeri. Selain rasanya yang nikmat karena kuahnya yang khas juga memiliki rasa yang sangat unik. Makanan ini berbahan dasar daging sapi yang dibentuk bulat-bulat dimakan bersama mie dan sayur toge dan ada daun bawangnya juga. Bakso sangatlah nikmat kalau disantap dimalam hari.

8. Soto Betawi

Soto Betawi
Soto Betawi
Makanan khas jakarta ini saat ini sudah menjadi salah satu makanan favorit di dunia. Bahkan saat ini soto betawi ini tidak hanya ditemui di Jakarta tetapi juga Anda bisa dengan sangat mudah menemuinya di seluruh daerah-daerah di Indonesia. Bahan dasar dari soto betawi ini adalah beras yang di rebus dengan memakai daun pisang atau yang biasanya dikenal dengan nama lontong kemudian dimakan menggunakan kuah soto yang khas dari betawi.

9. Gudeg

Gudeg
Gudeg
Gudeg merupakan makanan khas dari daerah Yogyakarta yang sangat terkenal. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan sampai halus. Gudeg disajikan dengan nasi dan kuah gudeg ini berwarna coklat kemerahan dan sangat kental. Selain itu biasanya decamp jkuga denagan ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.
Beberapa rekomendasi makanan khas Indonesia di atas tersebut bisa menjadi santapan anda saat anda sedang di luar negeri. Jadi Anda tidak usah bingung kalau lidah Anda tidak cocok dengan masakan luar negeri tersebut.

Komentar